EVALUASI BIMBINGAN KONSELING

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : BIMBINGAN KARIER

JENIS LAYANAN               :  ORIENTASI

TOPIK                              :  ORIENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING

(PRIBADI,SOSIAL,BELAJAR,KARIER)

 

Berilah jawaban atas pertanyaan dan pernyataan berikut ini

A. Aspek Afektif ( Perasaan positif siswa)

1. Mengenal berbagai aspek dalam bimbingan konseling menurut saya…..

a. Perlu                            b.tidak perlu

2. Layanan Orientasi adalah layanan yang ……………… saya untuk mengenal

Lingkungan sekolah.

a. Membantu                    b. tidak membantu

 

B. Aspek Kognitif (pemahaman baru)

1. Sebutkan 4 bidang dalam bimbingan konseling

1). ………………………………………………………..

2). ……………………………………………………….

3). ……………………………………………………….

4). ……………………………………………………….

2. Sebutkan 9 jenis layanan dalam Bimbingan dan Konseling

1). ………………………………………………………….

2). …………………………………………………………..

3). ……………………………………………………………

4). ……………………………………………………………

5). ……………………………………………………………

6). ……………………………………………………………

7). ……………………………………………………………

8). ……………………………………………………………

9). ……………………………………………………………

3. Sebutkan 6 kegiatan pendukung dalam bimbingan dan konseling

1). ………………………………………………………….

2). ………………………………………………………….

3). …………………………………………………………..

4). …………………………………………………………..

5). …………………………………………………………..

6). …………………………………………………………..

 

C. Aspek psikomotorik (rencana kegiatan)

Membuat rencana masa depan

1). Setelah lulus SMP melanjutkan ke ……………………

2). Perguruan tinggi yang saya inginkan …………………………

3). Fakultas dan Jurusan yang saya inginkan ………………………

4). Pekerjaan yang saya inginkan ………………………………………….

 

NO KODE      : ………………………………..

KELAS           : ………………………………..

 

 

TANDA TANGAN :

 

 

No kode /Kelas :

 

Tanda Tangan

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : BELAJAR

JENIS LAYANAN               : ORIENTASI

TOPIK                              :  Penyesuaian diri dengan lingkungan belajar yang baru

 

Berilah jawaban atas pertanyaan dan pernyataan berikut ini

A. Aspek Afektif (perasaan Positif siswa)

1. Bagaimana perasaanmu di terima di SMP 15 Yogyakarta

a. Senang               b.biasa saja                      c. Kecewa

2. Setelah mengenal lingkungan belajar di SMP 15 Yogyakarta menurut saya situasinya

a. Menyenangkan              b.biasa saja                      c. Membosankan

3. Kegiatan belajar mengajar di sekolah yang sudah berjalan menurut saya

a. menyenangkan                       b. Kadang menyenangkan kadang tidak

c. biasa saja                               d. Membosankan

4. Fasilitas belajar di sekolah menurut saya

a. lengkap dan memadahi                     b. Lengkap tidak memadahi

c. kurang lengkap dan kurang memadai

 

B. Aspek kognitif (pemahaman baru)

1. Sebutkan 8 fasilitas yang mendukung kegiatan belajar yang ada di sekolah  beserta

Fungsinya.

1)…………………………………………………………………………………………………………..

2)…………………………………………………………………………………………………………..

3)…………………………………………………………………………………………………………..

4)…………………………………………………………………………………………………………..

5)…………………………………………………………………………………………………………..

6)…………………………………………………………………………………………………………..

7)…………………………………………………………………………………………………………..

8)……………………………………………………………………………………………………………

2. Sebutkan 6 kegiatan akademik (belajar-mengajar) yang dilaksanakan di sekolah kita

1). ………………………………………………………………………………………………………….

2). ………………………………………………………………………………………………………….

3). ………………………………………………………………………………………………………….

4). ………………………………………………………………………………………………………….

5). …………………………………………………………………………………………………………..

6). …………………………………………………………………………………………………………..

 

C. Aspek psikomotorik (rencana kegiatan)

Buatlah program pribadi (langkah-langkah) untuk memajukan kegiatan belajar yang akan kalian tempuh supaya bisa mencapai hasil belajar yang optimal selama sekolah di SMP 15 Yogyakarta.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

NO KODE      : ………………………………..

KELAS           : ………………………………..

 

 

TANDA TANGAN :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : SOSIAL

JENIS LAYANAN               : INFORMASI DAN PENGUASAAN KONTENT

TOPIK                              : Tata Tertib Sekolah

 

Berilah jawaban atas pertanyaan dan pernyataan berikut ini

A. Aspek Afektif (perasaan positif)

1. Keberadaan tata tertib di sekolah untuk mengatur kenyamaanan siswa dalam belajar

Menurut saya :

a.  perlu                           b. Tidak perlu

2. Mentaati tata tertib sekolah bagi saya:

a. Keharusan           b. Keterpaksaan

 

B. Aspek Kognitif (pemahaman baru).

1. Sebutkan 5 tata tertib dalam berpakaian ketika Upacara bendera

1)…………………………………………………………………………………………………………..

2)…………………………………………………………………………………………………………..

3)…………………………………………………………………………………………………………..

4)……………………………………………………………………………………………………………

5)……………………………………………………………………………………………………………

2. Sebutkan 3 tata tertib dalam mengikuti KBM di kelas
1)…………………………………………………………………………………………………………..

2)…………………………………………………………………………………………………………..

3)……………………………………………………………………………………………………………

3. Sebutkan 3 tata tertib ketika menggunakan fasilitas perpustakaan sekolah

1)…………………………………………………………………………………………………………..

2)……………………………………………………………………………………………………………

3)……………………………………………………………………………………………………………

 

C. Aspek Psikomotorik (unjuk kerja)

Observasilah lingkungan sekolah, amati perilaku siswa di SMP 15 Yogyakarta,

  1. Pelanggaran tata tertib apa saja yang dilakukan siswa di sekolah kita

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  1. Tindakan-tindakan apa saja yang perlu diberikan pada mereka yang melanggar agar

Tidak melanggar tata tertib lagi…………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Buatlah slogan/semboyan untuk kampanye agar siswa berlomba-lomba mentaati tata

Tertib: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

NO KODE      : ………………………………..

KELAS           : ………………………………..

 

 

TANDA TANGAN :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : SOSIAL

JENIS LAYANAN               : INFORMASI

TOPIK                              :  Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

 

Berilah jawaban atas pertanyaan dan pernyataan berikut ini

A. Aspek Afektif ( perasaan Positif)

1. Memiliki pemahaman yang benar tentang bahaya narkoba menurut saya:

a. Penting                                  b. Tidak penting

2. Informasi,penyuluhan, pendidikan tentang narkoba menurut saya ……………….. untuk

Mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar

a. efektif                                    b. Tidak efektif

 

B. Aspek Kognitif ( pemahaman baru)

1. Narkoba singkatan dari : ……………………………………………………………………………

2. Sebutkan 3 contoh narkotika : ……………………………………………………………………..

3. Sebutkan 3 contoh bahan adiktif …………………………………………………………………..

4. Sebutkan 3 contoh dampak negatif narkoba terhadap fisik kita! …………………………..

……………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

5. Sebutkan 4 contoh program pencegahan penyalahgunaan narkoba yang pernah di

Laksanakan di sekolah:

………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………….

C. Aspek psikomotorik (Rencana kegiatan)

Buatlah rencana program pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah dengan mengisi daftar berikut ini:

  1. Nama Program        : …………………………………………………………………………..
  2. Tujuan program      : …………………………………………………………………………..
  3. Pelaksana               : …………………………………………………………………………..
  4. Sasaran                  : …………………………………………………………………………..
  5. Waktu pelaksanaan  : …………………………………………………………………………….
  6. Alat/perlengkapan   : …………………………………………………………………………….
  7. Tempat pelaksanaan: ……………………………………………………………………………

 

NO KODE      : ………………………………..

KELAS           : ………………………………..

 

 

TANDA TANGAN :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : PRIBADI – SOSIAL

JENIS LAYANAN               : INFORMASI – PENEMPATAN DAN PENYALURAN

TOPIK                              : Sosoalisai OSIS dan Pembentukan Pengurus OSIS

 

Berilah jawaban atas pertanyaan dan pernyataan berikut ini

A. Aspek Afektif (perasaan Positif)

1. Latihan berorganisasi sejak dini seperti ikut aktif dalam OSIS menurut saya

a. Bermanfaat                            b. Tidak bermanfaat

2. Jika dicalonkan sebagai pengurus OSIS sikap saya:

a. Bersedia                                 b. Tidak bersedia

 

B. Aspek Kognitif

1. OSIS kepanjangan dari : ……………………………………………………………………………

2. Sebutkan 3 pengurus utama OSIS : ……………………………………………………………..

3. Ada berapa bidang kegiatan dalam OSIS, Sebutkan contohnya 2 saja …………………..

……………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………..

 

C. Aspek Psikomotorik (Rencana kegiatan)

Buatlah rencana program OSIS di sekolah dengan mengisi daftar berikut ini:

 

  1. Nama Program        : …………………………………………………………………………..
  2. Tujuan program      : …………………………………………………………………………..
  3. Pelaksana               : …………………………………………………………………………..
  4. Sasaran                  : …………………………………………………………………………..
  5. Waktu pelaksanaan  : …………………………………………………………………………….
  6. Alat/perlengkapan   : …………………………………………………………………………….
  7. Tempat pelaksanaan: ……………………………………………………………………………

 

NO KODE      : ………………………………..

KELAS           : ………………………………..

 

 

TANDA TANGAN :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : PRIBADI

JENIS LAYANAN               : INFORMASI

TOPIK                              :  Perubahan fisik dan psikis Remaja

 

Berilah jawaban atas pertanyaan dan pernyataan berikut ini

A. Aspek Afektif ( perasaan Positif)

1.  Mendapatkan iformasi yang benar tentang perubahan fisik dan psikis remaja menurut saya :

a. Bermanfaat                            b. Tidak bermanfaat

2. Menjaga kesehatan fisik dan psikis menurut saya

a. Penting                                  b. Tidak penting

 

B. Aspek Kognitif

1. Sebutkan 3 contoh perubahan fisik yang terjadi pada remaja!………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

2. Sebutkan 3 contoh perubahan psikis yang terjadi pada remaja ………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………………….

3. Sebutkan 3 cara untuk menjaga kesehatan fisik : ………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………….

 

C. Aspek Psikomotorik

Lakukan kegiatan-kegiatan berikut ini, observasi dan catat hasilnya

 

NO KEGIATAN HASIL KETERANGAN
1 Timbang berat badan    
2 Ukur Tinggi badan    
3 Olah raga teratur    
4 Gosok gigi sebelum tidur malam    
5 Rekreasi    
6 Nonton film lucu(humor)    
7 Kesimpulan:

 

 

 

 

 

 

 

NO KODE      : ………………………………..

KELAS           : ………………………………..

 

 

TANDA TANGAN :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : Sosial

JENIS LAYANAN               : Penguasaan Kontent

TOPIK                              : Mencegah Bullying

 

Berilah jawaban atas pertanyaan dan pernyataan berikut ini

A. Aspek Afektif ( perasaan Positif)

1. Bullying (tindak kekerasan) dari siswa pada siswa lain menurut saya harus di cegah

a. setuju                                    b. Tidak Setuju

2. Untuk mencegah bullying menurut saya perlu adanya kerjasama dari semua pihak di

Sekolah.

a. perlu                                     c. Tidak perlu

 

B. Aspek Kognitif (Pemahaman baru)

1. Apakah yang dimaksud bullying………………………………………………………………………

2. Sebutkan 3 contoh bulying fisik yang di lakukan siswa …………………………………………

……………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………….

3. Sebutkan 3 contoh bulying psikis (tindakan kekerasan yang menyerang rohani)…………

……………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………

4. Apa dampak negatif bagi siswa yang sering kena sasaran bulying ………………………….

……………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………….

 

C. Aspek Psikomotorik (unjuk kerja)

Observasilah lingkungan sekolah, amati perilaku siswa di SMP 15 Yogyakarta,

  1. Iindakan bulying apa saja yang dilakukan siswa di sekolah kita

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  1. Tindakan-tindakan apa saja yang perlu diberikan pada mereka yang melakukan bulying agar Tidak melakukan bulying lagi ………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Buatlah slogan/semboyan untuk kampanye mencegah bulying di sekolah

…………………………………………………………………………………………………………….      ……………………………………………………………………………………………………………..       ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

NO KODE      : ………………………………..

KELAS           : ………………………………..

 

 

TANDA TANGAN :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : AHLAK MULIA

JENIS LAYANAN               : PENGUASAAN KONTENT

TOPIK                              :  NORMA SOPAN SANTUN

 

A. Aspek afektif (Perasaan positif)

Berilah tanda silang (X) pada pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan keadaanmu !

1. Memiliki pemahaman yang benar tentang norma agama, norma kesusilaan, dan norma kesopanan serta norma hukum, menurut saya:

a. Penting                                              b. Tidak penting

2. Jika saya di tuntut untuk berperilaku sesuai dengan norma sopan santun yang berlaku di masyarakat maka sikap saya :

a. bersedia                                             b. Tidak bersedia.

 

B. Aspek Kognitif (pemahaman baru)

Isilah pertanya di bawah ini dengan jawaban yang sesuai dengan pemahamanmu !

  1. Menjalankan ajaran agama yang dianut termasuk mengamalkan norma …………………..
  2. Berilah 2 contoh perilaku mengamalkan norma kesopanan di sekolah
    1. ……………………………………………………………………………………..
    2. ……………………………………………………………………………………..
    3. Pornografi merupakan salah satu bentuk pelanggaran norma kesusilaan, berilah 3 saran untuk memberantas pornografi:
      1. ………………………………………………………………………………………………
      2. ……………………………………………………………………………………………..
      3. ……………………………………………………………………………………………..
      4. Sebutkan 4 peristiwa atau kejadian disekitarmu yang menunjukan perilaku melanggar norma hukum.
        1. ……………………………………………………………………………………..
        2. ………………………………………………………………………………………
        3. ………………………………………………………………………………………
        4. ………………………………………………………………………………………

 

C. Aspek psikomotorik ( Membuat rencana kegiatan)

  1. Buatlah program kegiatan untuk menanamkan norma pada masyarakat, baik norma agama, norma masyarakat maupun norma sopan santun, dengan mengisi daftar berikut :

a. Norma yang dikembangkan     :  ……………………………………………………

b. Jenis/nama kegiatan                :  …………………………………………………..

c. Tujuan                                   :  …………………………………………………..

d. Waktu kegiatan                      : ………………………………………………….

e. sasaran Kegiatan                     : …………………………………………………..

f. Pelaksana Kegiatan                  : ……………………………………………………

g. Tempat kegiatan                     : ………………………………………………….                 f.  Sarana/prasarana              : …………………………………………………..

g. Langkah-langkah kegiatan       :  …………………………………………………..

……………………………………………………

……………………………………………………

……………………………………………………

……………………………………………………

…………………………………………………….

…………………………………………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : KARIER

JENIS LAYANAN               : PENGUASAAN KONTENT

TOPIK                              :  PERKEMBANGAN KARIER DI MASYARAKAT

 

A. Aspek afektif (Perasaan positif)

Berilah tanda silang (X) pada pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan keadaanmu !

  1. Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam pekerjaan menurut saya :

a. Bermanfaat                                       b. Tidak bermanfaat

2.  Memiliki cita-cita yang pasti tentang pekerjaan masa depan yang saya iniginkan menurut saya :

a. Perlu                                               b. Tidak perlu

 

B. Aspek Kognitif ( Pemahaman baru)

Berilah masing-masing 2 contoh karir dari beberapa bidang pekerjaan berikut ini

a. Bidang Pendidikan

1) …………………………………………………………….

2) …………………………………………………………….

b. Bidang Hukum

1). ………………………………………………………………..

2). ……………………………………………………………….

 

c. Bidang Pertahanan keamanan

1) ………………………………………………………………..

2) …………………………………………………………………

d. Bidang penerangan, publikasi, komunikasi

1)………………………………………………………………….

2) …………………………………………………………………..

e. Bidang kesehatan

1) …………………………………………………………………….

2) …………………………………………………………………….

 

f. Bidang apresiasi, seni dan budaya

1) ……………………………………………………………………….

2) ……………………………………………………………………….

 

 

C. Aspek psikomotorik ( rencana kegiatan)

Buatlah rencana karir/pekerjaan/profesi yang kamu cita-cittakan Uraikan dengan mengisi daftar berikut.

a. jenis karir/pekerjaan       : ………………………………………………………..

b. Pendidikan :

1) SLTA  : ………………………………… Jurusan ………………………………………

2) Jenis Perguruan Tinggi : …………………………….. Faultas : ……………………………

3) Ketrampilan  yang harus di miliki : ………………………………………………………….

……………………………………………………………

4). Bakat khusus yang harus dimiliki: …………………………………………………………..

………………………………………………………….

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : BELAJAR

JENIS LAYANAN               : INFORMASI DAN PENGUASAAN KONTENT

TOPIK                              :  VISI DAN MISI SEKOLAH

 

A. Aspek afektif (Perasaan positif)

Berilah tanda silang (X) pada pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan keadaanmu !

  1. apakah kamu mengetahui visi dan misi sekolah kita

a. Tahu                                      b. Tidak tahu

2. Apakah visi dan misi sekolah kita mendukung cita-cita kamu

a. Mendukung                            b. Tidak mendukung

B. Aspek Kognitif (pemahaman baru )

  1. Berilah masing-masing 1 contoh kegiatan nyata untuk mengembangkan visi sekolah kita berikut ini:
    1. Teguh dalam Iman :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

    1. Santun dalam laku:

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

    1. Unggul dalam ilmu:

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

    1. Terampil dalam karya:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Berikut ini 3 dari 6 misi sekolah kita, jika misi ini tercapai manfaat apa yang bisa di peroleh siswa dari misi sekolah di bawah ini:

a. Menumbuh kembangkan rasa cinta seni dan olahraga sehingga

Mampu meraih prestasi yang lebih baik.

Manfaat yang di peroleh siswa : ………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………

b. Membekali jiwa kewirausahaan dan kemandirian dalam menghadapi

persaingan global.

Manfaat yang di peroleh siswa : ……………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………..

c. Membekali ketrampilan berkomunikasi dalam bahasa inggris.

Manfaat yang di peroleh siswa : ……………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………..

C. Aspek psikomotorik (membuat rencana kegiatan)

  1. Pilihlah salah satu visi sekolah dan buatlah rencana program untuk mewujudkan visi

Tersebut, dengan mengisi daftar isian berikut ini:

a. Visi yang dikembangkan          :  ………………………………………………………..

b. Jenis/nama program                : ………………………………………………………..

d. Waktu program                      : ………………………………………………….

e. sasaran program                     : …………………………………………………..

f. Pelaksana program                  : ……………………………………………………

g. Tempat pelaksnaan program    : ………………………………………………….                 f.  Sarana/prasarana              : …………………………………………………..

g. Langkah-langkah                    :  …………………………………………………..

……………………………………………………..

……………………………………………………..

………………………………………………………

………………………………………………………

………………………………………………………

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : KARIER

JENIS LAYANAN               : INFORMASI

TOPIK                              : KELANJUTAN STUDI SETELAH SMP

 

A. Aspek afektif (Perasaan positif)

Berilah tanda silang (X) pada pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan keadaanmu !

  1. Memiliki pengetahuan tentang kelanjutan studi menurut saya :

a. Bermanfaat                                       b. Tidak bermanfaat

2.  Memiliki cita-cita yang pasti tentang kelanjutan studi yang saya iniginkan menurut saya :

a. Perlu                                               b. Tidak perlu

 

B. Aspek Kognitif ( Pemahaman baru)

1. Sebutkan 2 jenis pendidikan setelah SMP

a. …………………………………….

b. …………………………………….

2. Sebutkan jurusan yang ada di SMA

3. Sebutkan 3 contoh rumpun di SMK dan jurusannya

C. Aspek psikomotorik ( rencana kegiatan)

Buatlah rencana kelanjutan studi setelah SMP yang kamu cita-cittakan Uraikan dengan mengisi daftar berikut.

a. jenis SLTA : ………………………………………………………..

b. Nama Sekolah :

alternatif I : ………………………………….  Alternatif II : …………………………………

c. Jurusan Yang di inginkan : …………………………………………………….

d. Hambatan yang di hadapi : …………………………………………………….

e. Usaha yang di lakukan untuk mewujudkan cita-cita : ………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………..

f.  Lakukan observasi di sekolah yang kamu pilih dan carilah info selengkapnya

1). Nama sekolah    :

2). Alamat              :

3). Status               :

4). Jurusan yg ada   :

5). Fasilitas yg ada  :

6). Prestasi sekolah :

7). Biaya masuk       ; (kira-kira/estimasi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : PRIBADI

JENIS LAYANAN               : INFORMASI

TOPIK                              :  PERCAYA DIRI

 

A.  ASPEK AFEKTIF ( PERASAAN POSITIF)

1. Memiliki rasa percaya diri dalam kehidupan sehari-hari

a. Penting              B. Tidak Penting

2. Saya ingin meningkatkan kepercayaan diri

b.  Setuju               b. Tidak setuju

 

B. ASPEK KOGNITIF (pemahaman baru)

1.  Sebutkan 5 tahapan proses seseorang menjadi percaya diri

a. ……………………………………………………………………..

b. ………………………………………………………………………

c. ………………………………………………………………………..

d. ……………………………………………………………………….

e. ………………………………………………………………………

2. Sebutkan 5 contoh kegiatan yang memerlukan kepercayaan diri

a. …………………………………………………………………………..

b. ……………………………………………………………………………

c. ………………………………………………………………………………

d. ……………………………………………………………………………….

e. ………………………………………………………………………………

C. ASPEK PSIKOMOTORIK ( RENCANA KEGIATAN /UNJUK KERJA)

Buatlah rencana kegiatan untuk meningkatkan rasa percaya diri. sebagai panduan dapat

Melihat contoh berikut ini :

  • 1. NAMA KEGIATAN : lomba pidato  memperingati ulang tahun sekolah
  • 2. KEMAMPUAN YANG DIKEMBANGKAN :  kemampuan berkomunikasi  lisan
  • 3. TUJUAN KEGIATAN : meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan umum
  • 4. SARANA  YANG DIBUTUHKAN :  sound sistem, panggung. Background, banner
  • 5.TEMPAT KEGIATAN :  aula SMP 15
  • 6  WAKTU                     :  Tgl …….2010
  • 7 BIAYA                         :  Rp…………..

ISILAH DAFTAR BERIKUT

  • 1. NAMA KEGIATAN                             : ……………………………………………………………
  • 2. KEMAMPUAN YANG DIKEMBANGKAN : …………………………………………………………..
  • 3. TUJUAN KEGIATAN                          : …………………………………………………………….
  • 4. SARANA  YANG DIBUTUHKAN           : …………………………………………………………
  • 5.TEMPAT KEGIATAN                           : …………………………………………………………..
  • 6  WAKTU                                           :……………………………………………………………

7 BIAYA                                              :……………………………………………………………

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

JENIS LAYANAN               :  Konseling Kelompok

TOPIK                              :  Penggunaan Teknik Asosiasi bebas dan Play therapy dalam

Konseling kelompok untuk membantu mengentaskan masalah

Siswa.

 

  1. Aspek Afektif
  1. Dengan Teknik assosiasi bebas saya lebih mudah mengungkapkan masalah saya
    1. Setuju                              b. Tidak setuju
    2. Kegiatan play therapy  membuat saya merasa senang, segar dan merasa terbebas dari tekanan.
      1. Setuju                              b. Tidak setuju
      2. Melalui layanan konseling kelompok saya merasa nyaman karena bisa berbagi masalah, perasaan, pendapat dengan anggota kelompok.
        1. Setuju                              b. Tidak setuju.

 

B. Aspek Kognitif

1. Teknik assosiasi bebas adalah salah satu teknik untuk membantu memudahkan

Siswa dalammengungkap masalah

  1. a. Setuju                               b. tidak setuju

2. Kegiatan Play terapy adalah suatu permainan yang punya fungsi untuk terapi atau

Untuk mengurangi ketegangan, mengurangi beban pikiran dan untuk membentuk

Kondisi kelompok yang dinamis.

  1. a. Setuju                                b. tidak setuju

3. Layanan konseling adalah layanan yang memberikan kesempatan pada tiap in dividualah individu dalam suasana kelompok, agar terpecahkan masalahnya .

a. setuju                                b. tidak setuju

C.  Aspek Psikomotorik

Isilah daftar isian berikut ini

 

NO KEGIATAN PSIKOMOTORIK YA TIDAK
1 Melakukan teknik asosiasi bebas dengan menuliskan masalah secara terbuka    
2 Melakukan seluruh kegiatan play therapi    
3 Mengikuti kegiatan layanan konseling kelompok dari awal sampai akhir    
4 Menyampaikan pendapat secara lisan, memberikan usul dan berkomunikasi lisan dengan konselor dan seluruh anggota kelompok    
5 Membuat rencana kegiatan untuk menyelesaikan masalah    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No Kode :…………………………………………… Tanda tangan : …………………………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : Belajar / pendidikan

JENIS LAYANAN               : Penguasaan Kontent

TOPIK                              :  Mengembangkan Otak kanan dan Otak kiri

 

A. Aspek Afektif ( Perasaan positif)

1. Mengembangkan Otak kanan dan otak kiri akan membantu keberhasilan dalam belajar

a. Setuju                                    b. Tidak setuju

2. Orang – orang yang sukses dalam karier dan hidupnya menurut penelitian adalah orang

Yang memanfaatkan kedua sisi otaknya dengan baik

  1. Setuju                                  b. Tidak setuju

 

B. Aspek Kognitif (pemahaman baru)

1. Isilah tabel berikut untuk mengetahui perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri

 

NO OTAK KIRI OTAK KANAN
a    
b    
c    

 

  1. Sebutkan 4 kegiatan untuk mengembangkan fungsi otak kanan dan kiri
    1. ……………………………………………………………………………
    2. ……………………………………………………………………………..
    3. ……………………………………………………………………………..
    4. …………………………………………………………………………….

 

C. Aspek Psikomotorik (Rencana kegiatan/Unjuk kerja)

Buatlah rencana kegiatan yang bisa kamu praktekan dengan teman-temanmu, dimana

kegiatan tersebut bisa mengembangkan fungsi Otak (berikut ini contohnya)

a. Nama Kegiatan  : Outbond dengan kegiatan yang mencerdaskan

b. Tujuan Kegiatan : Mengembangkan kemampuan Otak kanan dan Kiri

c. Tempat Kegiatan : Pusat outbond kaliurang sleman

d. pelaksana          : Instruktur Outbond dan Guru BK

e. Sarana              : transportasi,dokumentasi, perlengkapan outbond

f. Waktu               : libur Semester /Libur akhir tahun

g. Biaya                :Rp. 100.000,- / orang

 

ISILAH DAFTAR BERIKUT

A. NAMA KEGIATAN     :

B. TUJUAN KEGIATAN  :

C. TEMPAT KEGIATAN  :

D. PELAKSANA             :

E. SARANA                   :

F. WAKTU PELAKS        :

G. BIAYA                     :

 

 

 

 

 

 

 

 

KEMBANGKAN OTAK KANAN

CARI TAHU UANG BUDI KEMANA
Budi mau membeli buku dengan harga
Rp.7.500, tetapi Budi  tidak
mempunyai uang sama sekali alias
bokek, jadi terpaksa Budi
pinjam tetangga kiri dan kanan (kasian
sekali).

Akhirnya Budi mendapat pinjaman dari
tiga orang temannya katakanlah
demikian:
– si Eko Rp. 2.500
– si Parto Rp. 2.500
– si Doyok Rp. 2.500
jadi total keseluruhan pinjaman adalah
Rp.7.500.- (betul ?)

Dengan bangga hati Budi menuju ke
toko buku, sesampe
disana Budi tidak langsung membeli,
tetapi bukunya Budi  tawar harganya
dan harga tersebut berubah menjadi
Rp.7.000,- saja. jadi harganya
berkurang Rp.500,- (betul ?)

Dari pembelian buku tersebut Budi
mempunyai kelebihan uang sebesar
Rp.500,-(betul ?)
dari uang tersebut Jojon ingin
mengurangi hutangnya dengan rincian
sbb :
– si Edo Rp. 100,-
– si Pedro  Rp. 100,-
– si Doy Rp. 100,-
Jadi total utang yang Jojon bayar
adalah sebesar Rp.300 ,- (betul ?) dan
sisa uang yang ada ditangan Budi
adalah Rp.200,- (betul ?)

Jadi hutang Jojon kepada ke tiga
temannya berkurang sebesar Rp.100,-
(betul ?) menjadi :
– si Edo Rp. 2.400,-
– si Pedro Rp. 2.400,-
– si Doy Rp. 2.400,-
Total keseluruhan hutang Budi adalah
Rp. 7.200,- (betul ?) maka :
Total hutang Budi + uang yang Budi
pegang sekarang = Rp.7.200 + Rp.200 =
Rp.7.400
Pertanyaanya kemanakah uang Budi yang
Rp.100,- itu ???????????? ??
semestinya kan tetap Rp.7.500,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s