ADMINISTRASI BIMBINGAN KONSELING

RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM ( RPP )

BIMBINGAN DAN KONSELING

Satuan Pendidikan :  SMP 15 Yogyakarta
Kelas / Semester :  VIII (Tujuh)) / SEMESTER 1 / 2010 -2011
Jenis Program Reguler

Tugas Perkembangan 3     :   Mencapai pola hubungan yang baik dengan temanSebaya dalam perannya sebagai pria atau wanita

 

A. TOPIK : Pencegahan  Penyalahgunaan  Narkoba di kalangan pelajar
B. BIDANG BIMBINGAN : Sosial
C. JENIS LAYANAN : Informasi
D. FUNGSI LAYANAN : Pencegahan dan Pemahaman
E. TUJUAN LAYANAN :
  1. Siswa memiliki perasaan positif terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba.
  2. Siswa memiliki pemahaman baru akan bahaya narkoba
  3. Siswa memiliki rencana kegiatan/ unjuk kerja  untuk ikut aktif dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba
F. SASARAN LAYANAN : Siswa Kelas VIII F-J
G. URAIAN KEGIATAN

1. STRATEGI LAYANAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. METODE & TEKNIK

 

 

3. MATERI LAYANAN

 

4. SUMBER

 

:

 

 

 

 

:

:

 

:

 

1. Apersepsi dengan memutar film pendek tentang korban narkoba

2. Sosialisasi jenis-jenis dan bahaya  narkoba melalui media audio visual.

3. Assesment (menggali masalah narkoba) dengan daftar chek

4.. Diskusi merumuskan program  pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar

5. Refleksi, (membuat  Jamu anti Narkoba)

Ceramah, Tanya Jawab, Pemutaran film, Diskusi,wawancara konseling, pemberian tugas.

Pencegahan penyalahgunaan

Narkoba di kalangan pelajar

Kaset CD dari BNN,Liflet,Buku ,banner

 

H.

 

I.

BIAYA

 

TEMPAT LAYANAN

:

 

:

Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

 

Ruang Audio Visual /aula, Ruang BK

J. WAKT   3 X 40 “, 5-11 okt 201
K. PELAKSANA : Guru Pembimbin
L. PIHAK YANG BERPERAN SERTA : -
N. RENCANA PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TINDAK LANJUT

 

 

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

 

 

 

 

1. Penilaian Segara :

a. Afektif (perasaan  positif)

b. Kognitif (pemahaman baru)

c. Psikomotorik ( rencana tindakan

unjuk kerja)

2. Penilaian jangka pendek

( Dengan lembar Monitoring)

3.Penilaian Jangka panjang

(Dengan lembar Monitoring)

4. Penilaian proses

 

1.Memasang hasil refleksi siswa, kemading dan memajangdi tempat strategis yang mudah di baca siswa

2..Memberikan kegiatan pendukung

Tampilan pustaka berupa liflet

Tentang narkoba dan papan

Bimbingan  tentang narkoba

O. CATATAN KHUSUS : Pemasangan poster dan hasil refleksi diswa di tempatkan di dinding perpustakaan Bimbingan dan Konseling.

 

 

Memeriksa dan Menyetujui

Kepala SMP 15 Yogyakarta

Drs. Sukirno, SH

NIP. 19580403 198003 1 011

 

Yogyakarta,     Juli   2010

 

Guru Pembimbing

 

 

 

Nurbowo Budi Utomo, SPd

NIP. 19700719 199601 1 001

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM (RPP)

BIMBINGAN DAN KONSELING

Satuan Pendidikan :  SMP 15 Yogyakarta
Kelas / Semester :  VII /  1 / 2009-2010
Jenis Program :  Akhlak Mulia/Budi Pekerti

Tugas Perkembangan  8  :  Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman

Hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan

Warga masyarakat.

 

 

Kompetensi Dasar  8.1        :   Memahami  aspek-aspek sosial dalam sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan warga negara.

 

 

.

 

 

 

A. TOPIK : Norma-norma dan sopan santun.
B. BIDANG BIMBINGAN : Ahlak Mulia
C. JENIS LAYANAN : Penguasaan konten
D. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman dan pengembangan
E. TUJUAN LAYANAN :
  1. Siswa memiliki perasaan positif tentang norma dan sopan santun
  2. Siswa memiliki pemahaman baru tentang :
    1. Norma agama
    2. Norma kesusilaan dan kesopanan
    3. Norma Hukum
    4. Siswa memiliki rencana kegiatan /unjuk kerja untuk mengembangkan norma dan sopan santun
F. SASARAN LAYANAN : Kelas VII F-J
G. URAIAN KEGIATAN

1. STRATEGI LAYANAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. METODE & TEKNIK

3. MATERI LAYANAN

4. SUMBER

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

:

:

 

 

1. .  Apersepsi ( Guru meminta  siswa memperagakan sopan santun ketika terlambat masuk kelas)

2. Guru menayangkan klip film tentang pelanggaran norma dan sopansantun, serta penjelasan tentang norma.

3. Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok , setiap 2 kelompok menganalisis pelanggaran norma yang pernah dilihat. Dan merumuskan langkah-langkah perbaikan.

4.  Siswa membuat rencana kegiatan untuk mengembangkan salah satu norma

5.   presentasi hasil diskusi

Diskusi, Peragaan (modeling)

Norma-norma dan Sopan santun

Buku BK SMP & Buku Tata Krama.

H. TEMPAT LAYANAN : Ruang Kelas
I. WAKTU

MINGGU KE/BULAN/SEMESTER

:

:

2 X 40 menit

Minggu ke 1 & 2 NOP  / sem 1/ 2009

J. PELAKSANA : Guru Pembimbing.
K. PIHAK YANG BERPERAN SERTA : -
L. ALAT DAN PERLENGKAPAN : Perangkat audio visual
M. RENCANA PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TINDAK LANJUT

 

 

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

 

 

 

 

1. Penilaian Segara :

a. Afektif (perasaan  positif)

b. Kognitif (pemahaman baru)

c. Psikomotorik ( rencana tindakan

unjuk kerja)

2. Penilaian jangka pendek

( Dengan lembar Monitoring)

3.Penilaian Jangka panjang

(Dengan lembar Monitoring

4.Penilaian proses

  1. Memberikan tugas untuk refleksi siswa yaitu membuat poster/semboyan/kata mutiara/tips yang bias member sugesti pada orang lain untuk menegakan norma.
  2. Memberikan kegiatan pendukung berupa papan  bimbingan tentang norma

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

O.

 

 

CATATAN KHUSUS

 

 

:

 

 

Hasil refleksi siswa di pasang di dinding perpustakaan bimbingan dan konseling.

 

 

 

 

 

Memeriksa dan Menyetujui

Kepala SMP 15 Yogyakarta

 

Drs. Sukirno, SH

NIP. 19580403 198003 1 011

 

 

 

Yogyakarta,      Juli 2009

 

Guru Pembimbing

 

 

 

Nurbowo Budi Utomo,SPd

NIP. 19700719 199601 1 001

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM  (RPP)

BIMBINGAN DAN KONSELING

Satuan Pendidikan :  SMP 15 Yogyakarta
Kelas / Semester :  VII (delapan) /  2 (dua) 2009-2010
Jenis Program :  Karier

Tugas Perkembangan  6   :   Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan  pelajaran                                           dan/atau mempersiapkan karir serta  Berperan dalam kehidupan bermasyarakat.

 

 

 

Rumusan Kompetensi  6.3 :    Mampu mengkaitkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di SLTP dengan arah pengembangan karir tertentu

 

 

.

 

 

A. TOPIK : Kelanjutan studi setelah SLTP
B. BIDANG BIMBINGAN : Karier
C. JENIS LAYANAN : Informasi
D. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman
E. TUJUAN LAYANAN :
  1. Siswa memiliki perasaan positif terhadap kelanjutan studi setelah SLTP
  2. Siswa memiliki pemahaman baru tentang berbagai macam kelanjutan studi yang bisa di pilih setelah SLTP
  3. Siswa memiliki rencana kegiatan dan unjuk kerja untuk menentukan kelanjutan studi setelah SLTP. Dan melaksanakan observasi ke sekolah yang di inginkan.
F. SASARAN LAYANAN : Siswa Kelas VII (tujuh)
G. URAIAN KEGIATAN

1. STRATEGI LAYANAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. METODE & TEKNIK

 

3. MATERI LAYANAN

 

4. SUMBER

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

 

:

 

:

 

 

 

 

 

 

 

Klasikal dan lapangan

  1. Guru memberikan apersepsi berupa film tentang situasi belajar di SMA.
  2. Guru menyampaikan informasi  tentang berbagai macam kelanjutan studi setelah SLTP melalui media audio visual
  3. Guru mengadakan tanya jawab
  4. Guru memberikan contoh menyusun rencana kelanjutan studi setelah SLTP.

 

 

 

Tanya jawab, Observasi, ceramah

 

Kelanjutan Studi setelah SLTP

 

Panduan setelah lulus SMP (Paramita Publishing)

H. BIAYA : Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
H. TEMPAT LAYANAN : Ruang Audio Visual
I. WAKTU

MINGGU KE/BULAN/SEMESTER

:

:

2 X 40 menit

Minggu 1/ Juni 2010 / semester 2 tahun 2009-2010

J. PELAKSANA : Guru Pembimbing
K. PIHAK YANG BERPERAN SERTA : -
L. ALAT DAN PERLENGKAPAN : Perangkat audiovisual, materi power point, Buku saku
M. RENCANA PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TINDAK LANJUT

 

 

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

 

 

 

 

1. Penilaian Segara :

a. Afektif (perasaan  positif)

b. Kognitif (pemahaman baru)

c. Psikomotorik ( rencana tindakan

unjuk kerja)

2. Penilaian jangka pendek

( Dengan lembar Monitoring)

3. Penilaian Jangka panjang

(Dengan lembar Monitoring

4. Penilaian proses

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.  mediasi dengan orang Tua siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

2. Menjalin komunikasi dengan orangtua melalui tilpon.

3. memonitor kehadiran siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TINDAK LANJUT

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN KHUSUS

 

 

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

 

  1. Memberi tugas pada siswa observasi salah satu SLTA yang diminati untuk mencari data tentang sekolah tersebut.
  2. Mempresentasikan hasil observasi siswa dan mendokumentasikan.
  3. Memberikan kegiatan pendukung tampilan pustaka dengan meminjami buku saku tentang kelanjutan studi.

Buku saku hanya di pinjamkan untuk di baca karena jumlah terbatas.

 

 

 

 

 

Memeriksa dan Menyetujui

Kepala SMP 15 Yogyakarta

 

Drs. Sukirno, SH

NIP. 19580403 198003 1 011

 

 

 

Yogyakarta,      Juli 2009

 

Guru Pembimbing

 

 

 

Nurbowo Budi Utomo,SPd

NIP. 19700719 199601 1 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM ( RPP )

BIMBINGAN DAN KONSELING

Satuan Pendidikan :  SMP 15 Yogyakarta
Kelas/semester :  VIII  (sembilan)/ I/ 2010-2011
Jenis Program :  Pribadi

Tugas Perkembangan 4  :  Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku

yang dapat diterima dalam kehidupan yang

lebih luas

 

 

Rumusan Kompetensi 4.1  :   Memahami nilai dan cara-cara berperilaku pribadi   dalam  kehidupan di luar kelompok sebaya

.

 

 

A. TOPIK : Percaya Diri
B. BIDANG BIMBINGAN : Pribadi
C. JENIS LAYANAN : Informasi
D. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman dan pengembangan
E. TUJUAN LAYANAN :
  1. Siswa memiliki perasaan positif tentang pentingnya sikap percaya diri.
  2. Siswa memiliki pemahaman baru tentang tahapan proses menjadi percaya diri
  3. Siswa mampu membuat rencana kegiatan untuk meningkatkan percaya diri.
F. SASARAN LAYANAN : Kelas VIII
G. URAIAN KEGIATAN

1. STRATEGI LAYANAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. METODE & TEKNIK

3. MATERI LAYANAN

4. SUMBER

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

:

:

 

  1. Apersepsi, siswa melihat klip film tentang percaya diri
  2. Siswa mengamati film tentang percaya diri dan mempelajari tentang pengertian, proses menjadi percaya diri
  3. Diskusi kelas merumuskan berbagai kegiatan yang memerlukan rasa percaya diri serta keuntungan menjadi percaya diri.
  4. Siswa membuat rencana kegiatan untuk meningkatkan rasa percaya diri

 

Diskusi,tanya jawab ,Tugas.observasi

Percaya diri

Film dan Power point.

H. TEMPAT LAYANAN : Ruang Audio Visual
I. WAKTU

MINGGU KE/SEMESTER

:

:

2  X 40 menit.

Minggu 1 mei 2010/ sem 2

J. PELAKSANA : Guru Pembimbing
K. PIHAK YANG BERPERAN SERTA : -
L. ALAT DAN PERLENGKAPAN : Laptop, LCD, perangkat audio
M. RENCANA PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TINDAK LANJUT

 

 

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

 

 

 

1. Penilaian Segara :

a. Afektif (perasaan  positif)

b. Kognitif (pemahaman baru)

c. Psikomotorik ( rencana tindakan

unjuk kerja)

2. Penilaian jangka pendek

( Dengan lembar Monitoring)

3. Penilaian Jangka panjang

(Dengan lembar Monitoring

4.Penilaian proses

1. Memberikan kegiatan refleksi dengan memberikan informasi tentang percaya diri  yang sudah diadaptasi kedalam resep masakan (Nasi goring rasa percaya diri)  dan mencetak dalam bentuk banner

2.  Memberikan tugas pada siswa untuk membuat refleksi dengan mengadaptasi resep masakan dan memajang pada majalah dinding

 

 

 

 

O.

 

 

 

 

CATATAN KHUSUS

 

 

 

 

:

 

 

 

 

ndikasi krisis kepercayaan diri bisa dilihat dari siswa yang tidak bersedia mengerjakan tugas lisan di depan kelas.

 

 

 

 

Memeriksa dan Menyetujui

Kepala SMP 15 Yogyakarta

 

Drs. Sukirno, SH

NIP. 19580403 198003 1 011

 

 

 

Yogyakarta,      Juli 2009

 

Guru Pembimbing

 

 

 

Nurbowo Budi Utomo,SPd

NIP. 19700719 199601 1 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM ( RPP )

BIMBINGAN DAN KONSELING

Satuan Pendidikan :  SMP 15 Yogyakarta
Kelas/semester :  VII  (sembilan)/ 2 (dua) 2009-2010
Jenis Program :  Pendidikan / Belajar

Tugas Perkembangan 5  :  Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah

kecenderungan karir dan apresiasi seni.

 

Rumusan Kompetensi 5.3  :   Memahami pengaruh positif kemampuan, bakat dan minat sendiri terhadap kegiatan belajar

.

 

 

 

A. TOPIK : Mengembangkan otak kanan dan otak kiri
B. BIDANG BIMBINGAN : Belajar
C. JENIS LAYANAN : Penguasaan kontent
D. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman dan pengembangan
E. TUJUAN LAYANAN :
  1. Siswa memiliki perasaan positif tentang pentingnya mengembangkan otak kanan dan otak kiri
  2. Siswa memiliki pemahaman baru tentang cara-cara mengembangkan otak kanan dan otak kiri
  3. Siswa mampu melakukan game-game untuk mengembangkan otak kanan dan otak kiri.
F. SASARAN LAYANAN : Kelas VII
 

G.

 

URAIAN KEGIATAN

1. STRATEGI LAYANAN

 

 

 

 

 

 

 

 

2. METODE & TEKNIK

 

3. MATERI LAYANAN

4. SUMBER

 

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

:

:

 

  1. Apersepsi, siswa melihat klip film tentang hasil karya orang yang punya kreativitas tinggi.
  2. Guru menyajikan tentang pengembangan otak kanan dan otak kiri melalui tayangan audio visual.
  3. Siswa mengerjakan dan melakukan game- game untuk melatih otak kanan dan otak kiri

 

Observasi, tanya jawab, unjuk kerja, pemberian tugas

Mengembangkan otak kanan dan otak kiri

Film dan Power point.

H. TEMPAT LAYANAN : Ruang Audio Visual
I. WAKTU

MINGGU KE/SEMESTER

:

:

2  X 40 menit.

Minggu ke 3 mareti 2010/ sem 2

J. PELAKSANA : Guru Pembimbing
K. PIHAK YANG BERPERAN SERTA : -
L. ALAT DAN PERLENGKAPAN : Laptop, LCD, perangkat audio
M. RENCANA PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

TINDAK LANJUT

:

 

 

 

 

 

 

 

 

:

 

 

 

1. Penilaian Segara :

a. Afektif (perasaan  positif)

b. Kognitif (pemahaman baru)

c. Psikomotorik ( unjuk kerja)

2. Penilaian jangka pendek

( Dengan lembar Monitoring)

3. Penilaian Jangka panjang

(Dengan lembar Monitoring

4.Penilaian proses

Memberikan game Who Want To be Milionair

Sebagai bahan refleksi untuk menguji kecerdasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

O. CATATAN KHUSUS : Game Who Want to be millionaire di berikan melalui perangkat audio visual secara kelompok.

 

 

 

 

Memeriksa dan Menyetujui

Kepala SMP 15 Yogyakarta

 

Drs. Sukirno, SH

NIP. 19580403 198003 1 011

 

 

 

Yogyakarta,      Juli 2009

 

Guru Pembimbing

 

 

 

Nurbowo Budi Utomo,SPd

NIP. 19700719 199601 1 001

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s